Rabu, 03 Mei 2017

RPP



UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Mata Kuliah   : Teknologi Pendidikan
Jurusan           : Tarbiyah
Prodi               : PAI/C
Pengampu      : Muchamad Fauyan, M. Pd.
Hari, Tanggal: Rabu, 5 April 2017
Waktu            : 12.30-15.00 Wib
Ruang             : D5
Sifat                : Tugas Uts

Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah  rencana pembelajaran yang  dikembangkan  secara  rinci  dari  suatu  materi  pokok  atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup: (1) data sekolah, matapelajaran, dan kelas/semester;  (2) materi pokok;  (3) alokasi  waktu;  (4)  tujuan  pembelajaran,  KD  dan  indikator pencapaian  kompetensi;  (5)  materi  pembelajaran;  metode pembelajaran;  (6)  media,  alat  dan  sumber  belajar;  (6)  langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan (7) penilaian.
1.      Susunlah RPP untuk pembelajaran PAI dalam bentuk format berikut ini.

Sekolah                  : SMP Negeri 4 Petarukan
Mata Pelajaran      : Pendidikan Agama Islam
Tema                      : Ketentuan Puasa Sunnah dan Puasa Wajib
Subtema                 : Menumbuhkan rasa kasih sayang kepada fakir miskin
Kelas/Semester      : VII (Tujuh) / 2 (Dua)
Materi Pokok        : Puasah Sunnah dan Puasa Wajib
Alokasi Waktu      : 2 Kali Pertemuan (6 jam pelajaran)

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannnya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam rana konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, meghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.



B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1  Menjalankan puasa wajib dan sunah  sebagai perintah agama
1.1.1  Menghayati bahwa puasa adalah perintah agama.
1.1.2  Membiasakan melaksanakan puasa dalam        kehidupan sehari-hari
2.1     Menghayati perilaku empati sebagai implementasi puasa wajib dan sunah.

2.1.1 Menghayati puasa dapat menumbuhkan rasa solidaritas terhadap sesama terutama kasih  sayang terhadap fakir miskin.
2.1.2 Menghayati puasa adalah melatih  dan      mendidik kesabaran dalam kehidupan sehari-hari
3.1     Memahami dasar-dasar dan tata  cara puasa wajib dan sunah.

3.1.1  Menjelaskan pengertian puasa
3.1.2  Menyebutkan dalil tentang puasa
33.1.3 Menyebutkan syarat-syarat melaksanakan      puasa
3.1.4   Menyebutkan rukun-rukun puasa.
3.1.5   Menyebutkan macam-macam puasa wajib.
3.1.6   Menyebutkan hal-hal yang membatalkan puasa.
3.1.7  Menyebutkan orang-orang yang boleh tidak melakukan puasa Ramadlan.
3.1.8   Menyebutkan tatacara melaksanakan puasa.
3.1.9   Menyebutkan macam-macam puasa sunah
3.1.10 Menyebutkan waktu-waktu yang dilarang berpuasa
3.1.11  Menyebutkan hikmah melaksanakan puasa
4.1 Menyajikan hikmah pelaksanaan puasa wajib dan puasa sunah.
4.1.1.  Mempratekkan puasa wajib
4.1.2   Mempratekkan puasa sunnah


C.     Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran dengan pendekatan saintifik, peserta didik mampu :
Pertemuan pertama
1.      Menjelaskan pengertian puasa
2.      Menyebutkan dalil tentang puasa
3.      Menyebutkan syarat-syarat melaksanakan puasa
4.      Menyebutkan rukun-rukun puasa
5.      Menyebutkan macam-macam puasa wajib
6.      Menyebutkan hal-hal yang membatalkan puasa
7.      Menyebutkan orang-orang boleh tidak melakukan puasa ramadhan.
pertemuan kedua
1.      Menyebutkan tata cara melaksanakn puasa
2.      Menyebutkan macam-macam puasa sunnah
3.      Menyebutkan waktu-waktu yang dilarang berpuasa
4.      Menyebutkan hikmah melaksanakan puasa.

D.    Materi  Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.      Materi pembelajaran reguler
Pertemuan pertama
a.    Pengertian puasa
     Puasa secara bahasa berarti menahan.
            Menurut istilah syara’ berarti menahan diri dari perkara yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat tertentu.
b.    Dalil tentang puasa
     Dasar wajibnya puasa:
            “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar bertakwa. (Al-Baqarah: 183)
c.    Syarat-syarat melaksanakan puasa
                  Syarat-syarat puasa antara lain yaitu: baligh, berakal, sehat, dan islam
d.   Rukun-rukun puasa
1.   Niat
2.   Menghindari perkara yang membatalkan puasa
e.    Macam-macam puasa wajib
Puasa wajib antara lain:
1.   Puasa ramadan yaitu puasa yang dilaksanakan selama bulan ramadan.
2.   Puasa qodho yaitu puasa yang wajib dikerjakan untuk mengganti puasa ramadan yang ditinggalkan karena udzur, sakit atau bepergian.
3.   Puasa kafarot yaitu puasa yang dilakukan untuk menebus dosa akibat melakukan pembunuhan, melanggar sumpah, dll.
4.   Puasa nadzar yaitu puasa yang wajjib dilakukan oleh orang yang bernadzar puasa sebanyak hari yang dinadzarkan
f.     Hal-hal yang membatalkan puasa
Hal-hal yang membatalkan puasa:
a.    Masuknya sesuatu ke dalam rongga terbuka yang tembus ke bagian dalam tubuh.
b.   Murtad
c.    Haid, nifas, dan melahirkan
d.   Gila
e.    Pingsan, mabuk
f.    Bersetubuh dengan sengaja
g.   Muntah dengan sengaja
g.    Orang-orang yang boleh tidak melakukan puasa ramadhan.
Antara lain yaitu:
a.    Orang sakit, yang tidak memungkinkan puasa.
b.   Orang yang bersafar.
c.    Orang yang sudah tua dan dalam keadaan lemah, juga orang sakit yang tidak kunjung sembuh.
d.   Wanita hamil dan menyusui
e.    Orang yang haid dan nifas
f.    Orang yang khawatir jika berpuasa dirinya akan mati.

                   Pertemuan kedua
a.       Tata cara melaksanakan puasa
1.    Niat
2.    Puasa dimulai terbitnya fajar sampai terbenamnya fajar.
3.    Menyegerakan berbuka dan mengakhiri sahur
b.      Macam-macam puasa sunnah
Antara lain yaitu;
1.   Puasa enam hari bulan syawal
2.   Puasa sepuluh hari pertama bulan dzulhijah
3.   Puasa hari arofah
4.   Puasa muharram
5.   Puasa assyuro
6.   Puasa sya’ban
7.   Puasa pada bulan haram (bulan yang dihormati)
8.   Puasa senin dan kamis
9.   Puasa 3 hari setiap bulan
10.    Puasa dawud
c.       Waktu-waktu yang dilarang berpuasa
Antara lain yaitu:
1.   Hari raya idul fitri dan idul adha
2.   Hari-hari tasyriq (11,12, dan 13 dzulhijah)
3.   Puasa hari jum’at secara yang bersendirian
4.   Puasa pada hari syak (yang meragukan)
5.   Berpuasa setiap hari tanpa henti
d.      Hikmah melaksanakan puasa.
Antara lain yaitu:
1.      Mengasah ketaqwaan seorang hamba
2.      Sebagai jalan penghapus dosa.
3.      Meanahan lapar untuk melatih kesabaran
4.      Sebagi perisai diri
5.      Sarana memperbanyak dzikir kepada Allah
6.      Memanfaatkan bagi kesehatan tubuh
7.      Meningkatkan kepekaan sosial
8.      Menjadi manusia yang lebih berbudi

2.      Materi pembelajaran penggayaan
a.          Niat
b.         Boleh membatalkan atau meneruskan untuk berpuasa
c.         Seorang istri tidak boleh berpuasa  sunnah ketika ia sedang bersama suaminya, kecuali sang suami memberikannya izin untuk melaksanakan puasa sunnah tersebut.
d.        Balasan yang akan diberikan oleh Allah Swt. terhadap orang yang  rajin melaksanakan puasa sunnah yaitu:
1)      Mendapatkan pahala yang tak terhingga
2)      Amalan puasa khusus untuk Allah
3)      Dua sekaligus kebahagiaan yang akan diraih bagi orang yang berpuasa
Sesorang yang sedang melaksanakan puasa akan merasakan kenikmatan yang luar biasa tatkala tiba saatnya untuk berbuka.
Perasaan menahan, gelisah lantaran menahan haus dan lapar berubah menjadi senang dan terharu tumpah sekaligus ketika kita meneguk air minum dan menghadapi berbagai makanan di atas meja untuk berbuka. Selain itu, kebahagiaan yang kedua adalah manakala berjumpa dengan Allah. Semua umat Islam mendambakan peristiwa ini yang nikmatnya melebihi kenikmatan syurga.
4)      Puasa sebagai perisai dari api neraka
5)      Puasa mendapatkan syafaat dari nabi Muhammad saw. kelak di yaumul kiamat.
6)      Akan disediakan pintu syurga ar-Royyan
E.     Materi pembelajaran perbaikan
a.       Pengertian Puasa
b.      Dalil Tentang Puasa
c.       Syarat-Syarat Melaksanakan Puasa
d.      Rukun-Rukun Puasa.
e.       Macam-Macam Puasa Wajib.
f.       Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa.
g.      Orang-Orang Yang Boleh Tidak Melakukan Puasa Ramadlan.
h.      Tatacara Melaksanakan Puasa.
i.        Macam-Macam Puasa Sunah
j.        Waktu-Waktu Yang Dilarang Berpuasa
k.      Hikmah Melaksanakan puasa

F.      Metode Pembelajaran
1.      Metode pembelajaran        : Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam menentukan hikmah pelaksanaan puasa
2.      Metode pendekatan sainstifik : metode ceramah, metode demonstrasi, metode diskusi tugas dan resitasi, dan metode tanya jawab
3.      Pendekatan           : Active Learning

G.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                    : multi media interaktif, video, ppt
2.      Alat/Bahan            : Spidol, papan tulis, laptop, LCD proyektor, buku pedamping

H.    Sumber Belajar            : Al-Qur’anul Karim, Muhammad Bagir Al-Habsyi, Fikih Praktis (Bandung: Mizan, 1999), situs internet.

I.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan serta menyiapkan fisik dan psikis siswa dengan memberikan salam.
2.      Siswa berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
3.      Guru mengabsensi kehadiran siswa.
4.      Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dpelajari dan dikembangkan.
5.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
7.      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
8.      Guru memberikan motivasi.
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
a.       Peserta didik membaca buku peserta didik tentang ketentuan puasa.
b.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang ketentuan puasa.
c.       Peserta didik melihat tayangan video dan ppt tentang  ketentuan puasa.

Menanya
a.       Guru memancing atau memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan pertanyaan tentang ketentuan puasa.
b.      Peserta didik bertanya tentang hal-hal yang belum jelas atau belum diketahui tentang ketentuan puasa.
Mengumpulkan informasi/Data/Mencoba
a.       Peserta membentuk kelompok dibantu oleh guru
b.      Peserta didik dalam kerja kelompok dengan bimbingan guru.
c.       Peserta didik dalam mengumpulkan informasi/mencoba dengan bimbingan dan fasilitas dari guru.
d.      Peserta didik untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekolah maupun di luar sekolah dengan bimbingan guru.
e.       Peserta didik secara berkelompok atau individu mencari data tentang ketentuan puasa.
f.       Peserta didik mendiskusikan tentang ketentuan puasa.

Menalar/Mengasosiasi
Peserta didik dalam mengelola/menganalisis informasi untuk membuat kesimpulan tentang ketentuan puasa dengan bimingan dan fasilitas dariguru.

Mengomunikasikan
Peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dengan fasilitas dan bimbingan guru.
85 menit
Penutup
1.      Guru menfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/ simpulan kegiatan pembelajaran.
2.      Guru melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksankan secara konsiten dan terprogram.
3.      Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai hasil belajar peserta didik.
4.      Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
5.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

20 menit

Pertemuan kedua


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.                                   1. Guru mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
2.                                   2. Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan di kembangkan.
3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6. Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.     

15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik membaca buku peserta didik tentang ketentuan Puasa.
2.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang ketentuan Puasa.
3.      Peserta didik melihat tayangan video tentang ketentuan Puasa.

Menanya
Guru memancing/memfasilitasi  peserta didik untuk merumuskan pertanyaan tentang ketentuan Puasa
Peserta didik bertanya tentang hal-hal yang belum jelas atau belum diketahui tentang ketentuan Puasa

Mengumpulkan informasi/data/mencoba
a.       Peserta didik  membentuk kelompok dibantu oleh guru.
b.      Peserta didik dalam kerja kelompok dengan bimbingan guru.
c.       Peserta didik dalam mengumpulkan informasi/mencoba dengan bimbingan dan fasilitas dari guru.
d.      Peserta didik untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekolah maupun di luar sekolah dengan bimbingan guru.
e.       Peserta didik secara berkelompok atau individu, mencari data tentang ketentuan Puasa.
f.       Peserta didik mendiskusikan tentang ketentuan Puasa.

Menalar/mengasosiasi
Peserta didik dalam mengolah/menganalisis  informasi untuk membuat kesimpulan tentang ketentuan puasa dengan bimbingan dan fasilitas dari guru.

Mengomunikasikan
Peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperolehnya dengan fasilitas dan bimbingan guru.

85 menit
Penutup
a.    Guru menfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan  kegiatan pembelajaran.
b.   Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
c.    Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
d.   Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
e.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

20 menit




J.       Penilaian 
1.      Jenis/teknik penilaian

a.       Sikap spiritual
Indikator :
1.1.1       Menghayati bahwa puasa adalah perintah agama
1.1.2       Membiasakan melaksanakan puasa dalam kehidupan sehari-hari

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
1.
Observasi
Jurnal
Menuliskan segera sikap yang ekstrem positif atau negatif dalam buku jurnal sikap
2.
Penilaian diri
Angket
-          Saya meyakini bahwa Puasa Ramadhan adalah perintah Allah
-          Saya selalu melaksanakan Puasa Sunnah.
3.
Penilaian antar teman
Angket
-          Teman saya meyakini bahwa Puasa Ramadhan adalah perintah Allah
-          Teman saya selalu melaksanakan Puasa Sunnah.

b.      Sikap sosial
Indikator :
2.1.1.      Menghayati puasa dapat menumbuhkan rasa solidaritas terhadap sesama terutama kasih  sayang terhadap fakir miskin.
2.1.2.      Menghayati puasa adalah melatih    dan mendidik kesabaran     dalam kehidupan sehari-hari 


No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
1.
Observasi
Jurnal
Menuliskan segera sikap yang ekstrem positif atau negatif dalam buku jurnal sikap
2.
Penilaian diri
Angket
-          Menurut saya puasa melatih diri untuk peduli terhadap sesame.
-          Dalam melaksanakan Puasa ramadhan saya meninggalkan hal-hal yang membatalkan puasa.
3.
Penilaian antar teman
Angket
-          Menurut saya puasa melatih diri untuk peduli terhadap sesame.
-          Dalam melaksanakan Puasa ramadhan saya meninggalkan hal-hal yang membatalkan puasa.

c.       Pengetahuan
Indikator :
3.1.1.      Menjelaskan pengertian puasa
3.1.2       Menyebutkan dalil tentang puasa
3.1.3.      Menyebutkan syarat-syarat melaksanakan puasa
3.1.4.      Menyebutkan rukun-rukun puasa.
3.1.5.      Menyebutkan macam-macam puasa wajib.
3.1.6.      Menyebutkan hal-hal yang membatalkan puasa.
3.1.7.      Menyebutkan orang-orang yang boleh tidak melakukan puasa Ramadlan.
3.1.8.      Menyebutkan tatacara melaksanakan puasa.
3.1.9.      Menyebutkan macam-macam puasa sunah
3.1110.   Menyebutkan waktu-waktu yang dilarang berpuasa
3.11.11.  Menyebutkan hikmah melaksanakan puasa


 No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
1.
Tertulis
Pertanyaan berbentuk esei,
1.      Jelaskan  pengertian puasa!
2.      Sebutkan dalil tentang puasa!
3.      Sebutkan syarat-syarat melaksanakan puasa !
4.      Sebutkan rukun-rukun puasa.!
5.      Sebutkan macam-macam puasa wajib.!
6.      Sebutkan hal-hal yang membatalkan puasa.!
7.      Sebutkan orang-orang yang boleh tidak melakukan puasa Ramadlan.
8.      Sebutkan tatacara melaksanakan puasa.!
9.      Sebutkan macam-macam puasa sunah!
10.  Menyebutkan waktu-waktu yang dilarang berpuasa!
11.  Sebutkan hikmah melaksanakan puasa!

d.      Keterampilan
Indikator :
4.1.1        Mempraktikkan Puasa Wajib
4.1.2    Mempraktikkan Puasa sunah


No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
1.
Praktik
Tugas (keterampilan)
Praktikkan Puasa Wajib!
2.
Praktik
Tugas (keterampilan)
Praktikkan Puasa sunah!

2.    Pembelajaran Remedial
a.    Remedial dilakukan terhadap kompetensi dasar yang belum mencapai KKM
b.   Pelaksanaan kegiatan remedial maksimal dilaksanakan sebanyak 3 kali dan/atau dihentikan pada saat ketuntasan klasikal mencapai minimal 85%.
c.    Bentuk pelaksanaan pembelajaran remedial :
1)      Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda jika jumlah peserta yang mengikuti remedial lebih dari 50%.
2)      Pemberian bimbingan secara khusus, untuk bimbingan perorangan jika jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
3)      Pemberian tugas-tugas kelompok jika jumlah peserta yang mengikuti remedial lebih dari 20 % tetapi kurang dari 50%.
4)      Pemanfaatan tutor teman sebaya.
d.   Mekanisme pelaksanaan remidial secara teknik menggunakan langkah-langkah, sebagai berikut :
1)      Menganalisis hasil evaluasi belajar peserta didik setelah selesai 1 KD tertentu.
2)      Menentukan ketuntasan peserta didik dan nilai rerata secara individual maupun klasikal.
3)      Menetapkan teknik remedial yang akan diterapkan.
4)      Melakukan evaluasi/penilaian untuk mengetahui keberhasilan tindakan.
5)      Menganalisis hasil evaluasi remedial serta menentukan tindakan berikutnya.
e.    Nilai remedial tidak melebihi dari nilai KKM.
f.    Kegiatan remedial dilaksanakan di luar jam tatap muka.

3.    Pedoman penskoran
Pilihan ganda        : benar bernilai 1 sehingga 10 x 1        = 10
Esai                       : benar bernilai 3 sehingga 5 x 3          = 15
Total                      : nilai pilihan ganda + nilai soal esai sehingga 10 + 15 = 25
Hasil akhir             : total nilai benar  4 sehingga 25  4 = 100




                                                                                          Pekalongan, 5 _April 2017
                                                                                          Pengembang RPP,



                                                                                          _____________________

2.      Cobalah Anda jelaskan media pembelajaran apa saja yang dapat membantu  pencapaian kompetensi yang tertuang dalam RPP Anda secara lebih efektif dan efisien, uraikan pula upaya yang Anda lakukan dalam penyediaan media pembelajaran yang akan digunakan?

No
Indikator Pembelajaran
Media yang digunakan
Langkah-langkah pengembangan/pemanfaatan
Alasan
1
Siswa mampu menetukan dan mengetahui  konsep dasar puasa sunah dan puasa wajib
 Video dan PPT
-          Guru akan mencari sumber beajar berupa video tentang puasa sunah dan puasa wajib
-          Guru membuat media interaktif yang berisi materi puasa sunah dan puasa wajib
-          PPt terdiri dari 10 slide, 1 slide judul, 1 slide berisi konsep, 5 slide materi, 3 slide latihan

Dengan pembelajaran PPT dan video peserta didik termotivasi mengikuti pembelajaran, mempermudah dan meningkatkan pengetahuan peserta didik, serta tidak membuat bosan  dalam pembelajaran
2




3






















































Penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ppt